CRT

Sales berperan penting sebagai ujung tombak penjualan produk di lapangan. Modal utama yang wajib dimiliki adalah kemampuan untuk membuat presentasi menarik. Tujuan utama presentasi untuk menyampaikan informasi dan mengajak audiens yang menjadi target sasaran agar menggunakan produk.

Berikut ini adalah 10 Trik Teknik Presentasi Menarik Bagi Sales yang tak boleh dilewatkan:

  1. Perkenalan Diri yang Unik

Kebanyakan orang memperkenalkan diri pada audiens hanya menyebut data diri (nama, alamat, status, dan nomor kontak). Padahal perkenalan diri yang unik adalah awal yang baik untuk mencuri perhatian audiens. Sales perlu menyampaikan prestasi, reputasi, dan berbagi pengalaman unik dengan bahasa yang mempesona.

  1. Pembukaan Presentasi Hebat

Kalimat pembuka yang luar biasa, bercerita dibalut humor segar dan memutar film yang penuh motivasi tentunya akan mencairkan suasana dan membangun hubungan kedekatan antara sales dengan audiens. Transfer energi positif dari sales akan memancarkan aura positif audiens.

  1. Menggali Kebutuhan Audiens

Sebelum sales menyampaikan presentasi, sebaiknya menggali kebutuhan audiens terlebih dahulu agar hasil presentasi sesuai dengan harapan audiens.

  1. Memberi Data Sesuai Fakta dan Terukur

Penyajian data dengan tampilan desain slide yang tepat mendukung kelancaran dan kemudahan audiens menerima pesan dari presentasi.

  1. Komunikasi yang Efektif (2 arah)

Penyampaian materi sepihak sering membuat audiens cepat bosan, lelah, dan mengantuk. Komunikasi 2 arah akan mengembalikan perhatian.  Sales dapat menyiapkan pertanyaan atau memberi pernyataan yang membuat audiens penasaran untuk bertanya tentang produk.

  1. Edutainment

Presentasi yang diberikan bukan hanya mengandung informasi, hendaknya mendidik dan menghibur sehingga lebih mudah diterima audiens.

  1. Fokus

Materi yang bertele-tele dan tidak fokus  hanya akan membuat audiens kecewa, sehingga audiens terbawa suasana, maka  akan berpengaruh pada penjualan.

  1. Mengelola Waktu Presentasi

Perencanaan waktu yang baik perlu disiapkan dengan membuat rencana sesi yang berisi materi sekaligus waktu penyampaian.

  1. Menyiapkan Bahan dengan Memanfaatkan Fasilitas dan Sarana

Sales harus siap menghadapi bagaimana pun kondisi tempat presentasi dan audiens, maka menyiapkan bahan yang mendukung penyampaian materi menjadi penting. Meski ada atau tidak fasilitas dan sarana yang memadai.

  1. Penutup Presentasi yang Cantik

Akhir presentasi hendaknya dikemas cantik sehingga mampu meyakinkan dan mengajak audiens bertindak sesuai dengan tujuan dan kebutuhan yang diinginkan.