usb-plastik-22

Seringkali BBM kita dipenuhi dengan beberapa promo melalui broadcast bahkan dengan penjelasan yang panjang lebar dari A sampai Z. Sebagian orang malas membaca dan langsung menghapusnya. Bahkan bisa saja men-delete kontak tersebut karena malas dengan promo yang panjang setiap hari.

Promosi adalah sebuah langkah untuk meningkatkan penjualan produk kita. Namun, jika promosi yang kita lakukan tidak dengan cara yang benar dan bukan pada target market yang tepat maka semuanya akan sia-sia. Maka  sebagian pebisnis menggunakan cara promosi soft selling. Salah satu cara penjual melakukan promosi secara halus. Penjual membangun kepercayaan terlebih dahulu dengan konsumen sehingga tercipta hubungan yang baik dengan konsumen. Terdapat 5 macam promosi soft selling jitu yang bisa kita lakukan dalam bisnis.

  1. Promosi dengan story telling

Story telling atau bercerita bisa dijadikan salah satu cara promosi soft selling. Misalnya penulis menceritakan perjuangannya ketika menyelesaikan sebuah buku. Sehingga isi dari buku tersebut menjadi motivasi bagi dirinya dan orang lain. Dari cerita tersebut maka kita akan penasaran dengan isi buku tersebut karena ada sebuah cerita menarik di dalamnya.

  1. Promosi dengan membagikan sample produk

Mungkin kita sering melihat setelah seseorang berdemo tentang produknya maka diakhiri dengan membagikan produk tersebut pada beberapa orang penonton. Ini adalah salah satu cara promosi mereka. Atau ketika bedah buku penulis membagikan bukunya kepada audience.

  1. Promosi dengan gambar yang menarik

Soft selling bisa dilakukan dengan membuat gambar menarik dengan kata-kata yang menjual tapi tidak terkesan berjualan.

  1. Promosi dengan memberikan informasi bermanfaat yang relevan dengan produk kita

Membagikan informasi bermanfaat misalnya melalui artikel. Contoh konkretnya Melani adalah seorang penjual pempek yang bahan dasarnya ikan tenggiri. Maka lewat artikelnya dia memberikan informasi tentang manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan tubuh dan otak.

  1. Promosi dengan memberikan kursus atau pembelajaran gratis

Nah, jika kita memiliki keahlian dalam bidang tertentu dan ingin mempromosikan jasa kita maka membuka kursus atau pelatihan gratis bisa dijadikan promo. Misalnya, seseorang yang ingin membuka kursus bahasa asing. Sebagai promo dia bisa mengadakan kursus atau pelatihan gratis selama seminggu

Nah, promosi tidak hanya langsung mengajak konsumen membeli produk kita apalagi memaksa mereka membeli. Namun, kita bisa menwarkan produk kita tapi tidak terkesan sedang berjualan dengan teknik soft selling.