Melakukan branding yang baik tidak hanya akan memberi konsumen pengalaman yang tidak terlupakan dengan suatu merek saja, tetapi juga memungkinkan mereka untuk mengetahui apa yang dapat mereka harapkan dari perusahaan tersebut. Pencitraan merek dibangun dengan tujuan untuk mewakili seperti apa bisnis Anda dan bagaimana image brand milik Anda di mata konsumen.

Ada bermacam-macam cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan citra bisnis Anda, dan salah satu yang paling efektif adalah dengan menawarkan merchandise kepada konsumen. Mempromosikan suatu brand melalui merchandise bukanlah hal yang baru. Ada banyak sekali berbagai perusahaan yang sering melakukan pemasaran bisnis melalui merchandise, karena cara ini dinilai sangat ampuh sebagai media branding yang kuat.

Berikut beberapa alasan lain yang menjadikan merchandise sebagai media branding yang layak Anda pilih.

1. Hemat Biaya

Tujuan utama setiap bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan dengan modal sekecil mungkin. Dibandingkan dengan bentuk periklanan lain seperti televisi, radio, billboard, dan lain sebagainya, memberikan merchandise yang mencantumkan nama dan logo perusahaan adalah cara terhemat untuk mempromosikan bisnis Anda. Semakin banyak jumlah merchandise yang Anda beli, akan semakin rendah pula harga produknya.

Selain itu, sebagian besar barang-barang merchandise umumnya menggunakan teknik word of mouth untuk meningkatkan kesan yang ditinggalkan oleh suatu brand. Karena konsumen dapat meneruskan produk merchandise yang Anda berikan kepada siapa saja, maka Anda bisa meningkatkan reputasi merek Anda kepada lebih banyak orang.

2. Mudah Dikenali

Tujuan utama melakukan kampanye pemasaran adalah untuk membangun kesadaran merek di mata konsumen. Ketika orang-orang mengetahui dan mengenal suatu brand, mereka lebih cenderung untuk membeli brand tersebut. Dengan memberikan merchandise yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari dalam jangka waktu lama, maka Anda telah memberikan eksposur yang maksimal kepada konsumen. Dengan cara ini, konsumen akan lebih mudah untuk mengetahui dan mengenal merek Anda, terlebih saat mereka menggunakannya.

3. Menciptakan Loyalitas Merek

Untuk mendapatkan konsumen baru, Anda perlu menghabiskan biaya enam kali lebih banyak dari pada mempertahankan konsumen lama. Karena itu, dengan memberikan merchandise, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan citra yang positif dari konsumen. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang suka mendapatkan barang secara cuma-cuma. Dan ketika konsumen mendapatkan hadiah yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, secara otomoatis Anda juga dapat membangun loyalitas dalam diri konsumen Anda.

Selain itu menurut laporan statistik, 89% orang yang menerima merchandise dari suatu perusahaan dalam 24 bulan terakhir dapat mengingat nama perusahaan tersebut dengan mudah.

4. Berfungsi Seperti Kartu Nama

Bisa dibilang, menggunakan merchandise adalah cara baru yang lebih efektif untuk memberikan kartu nama kepada konsumen. Bayangkan jika Anda mendapatkan kartu nama dari sebuah perusahaan yang tidak menarik minat Anda, kemungkinan besar Anda akan membuangnya begitu saja. Namun jika perusahaan tersebut justru menawarkan Anda bantal custom atau mug cantik, kemungkinan besar Anda akan menerimanya dengan senang hati.

Dan saat Anda menerima serta menggunakan merchandise tersebut, Anda tidak hanya akan mempelajari informasi mengenai nama serta logo perusahaan yang tercantum di merchandise-nya saja, tapi Anda juga akan mengingat nama perusahaan tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama.

Itu dia beberapa alasan kenapa merchandise bisa jadi media branding yang layak untuk Anda perhitungkan. Dengan memberikannya secara gratis untuk pelanggan, Anda telah membuka kesempatan untuk membuat branding yang kuat dengan menciptakan kesan yang positif.