JamMeja01Sales merupakan ujung tombak pemasaran. Di dalam sistem penjualan, tanpa adanya sales, maka tidak mudak dapat secara langsung menemui konsumen. Apalagi bagi perusahaan yang menjual barang secara langsung. Bagi perusahaan skala rumah tangga, sales dapat dilakukan oleh pemilik perusahaan sendiri. Namun bagi skala industri dan perusahaan menengah ke atas, sales pada umumnya dilakukan oleh pekerja. Adapun terdapat beberapa tata aturan untuk sukses menjafi sales. Terdapat 5 jangan dilakukan oleh sales, yaitu:

1. Berbicara bohong

Kejujuran merupakan kunci utama sukses. Ketika seseorang berbuat bohong, maka sebenarnya dia seperti sedang menggali liang kuburnya sendiri. Apalagi di dalam.dunia perdagangan. Konsumen merupakan pihak yang diagingkan oleh penjual. Maka dari itu sampai ada pepatah yang menyatakan bahwa konsumen adalah raja. Konsumen sangat membutuhkan kejujuran penjual. Konsumen berani mengeluarkan uang lebih untuk sebuah kualitas barang sesuai harapan. Ketika terjadi ketidakjujuran penjual, maka konsumen akan menganggap sua barang yang dijual hanya tipuan dan tidak sesuai dengan yang disampaikan penjual dan akhirnya konsumen menjadi tidak percaya dan tidak mau lagi membeli barang yang ditawarkan oleh penjual yang sama.

 

2. Tidak menjelekkan produk lain juga merupakan 5 jangan dilakukan oleh sales.

Penjual yang sering menjelekkan produk lain dengan tujuan supaya pembeli secara khusus membeli barang yang ditawarkan. Namun sebenarnya cara tersebut tidak etis dilakukan dan bagi pembeli yang memahami kode etik penjualan justru akan memandang miring produk yang anda jual.

 

3. Menyembunyikan informasi

Sebagaimana bersikap jujur, menyampaikan informasi yang harus diketahui oleh konsumen itu wajib hukumnya.Terkadang karena takut pembeli mengurungkan transaksi, penjualmenyembunyikan beberapa informasi penting. Sebagai contoh seorang penjual barang elektronik dengan spesifikasi yang kurang lengkap, maka kekurangan barang tersebut tidak disampaikan. Padahal pada saat disampaikan dengan baik mungkin pembeli justru akan membeli barang lain sebagai pelengkap kekurangan. Menyembunyikan kelurangan hanya akan membuat kecewa pembeli karena pembeli menjadi tidak dapat melakukan antisipasi. Padahal jika seorang pembeli sudah menyukai sebuah barang, maka kekurangan menjadi tidak masalah selama ada cara untuk mengantisipasi.

 

4. Bersikap tidak ramah

Jangan sekali-kali bersikap buruk kepada pelanggan. Pelanggan sangat tidaj suka jika tidak dilayani dengan baik, apalagi mereka sudah mengeluarkan dana untuk membeli barang. Kelelahan sering membuat sales menjadi berlaku tidak menyenangkan. Mungkin sales bisa menjafi bersikap kasar kepada pembeli, menunjukkan mimik wajah tidak menyenangkan dan bahkan membentak pembeli. Jika sales melakukan hal ini, maka tidak perlu menunggu waktu, pelanggan akan segera menghindar.

 

5. Menolak komplain

Melayani komplain pelanggan adalah salah satu poin sistem layanan prima. Oleh karena itu menolak komplain tidak boleh dilakukan oleh sales manapun. Komplain dan kritik dari pelanggan justru merupakan sebuah masukan berharga untuk kebaikan layanan selanjutnya. Jadi sekali lagi, pelayanan pelanggan yang melakukan komplain dan memberikan kritis itu sangat penting.

 

Demikian 5 jangan dilakukan oleh sales, semoga bermanfaat!