duwb

Branding? Apa yang ada di benak anda saat mendengar branding? Merk? Atau pencitraan? Branding dalam dunia bisnis mutlak dilakukan karena dengan branding maka sebenarnya produsen sedang membuat konsumen atau calon konsumen familiar dan percaya dengan produk yang ditawarkan nantinya. Semakin sering seseorang mendengar, melihat sosok suatu produk maka tanpa disadari seseorang akan familiar dengan produk tersebut.

Terdapat 5 manfaat branding bagi bisnis , yaitu :

  1. Mudah mendapatkan loyalitas pelanggan

Tidak mudah untuk membuat konsumen selalu mengingat produk atau produsen. Dengan melakukan branding, ada banyak hal yang biasanya dilakukan oleh produsen sehingga pelanggan akan memberikan kesan bahwa produsen tersebut selalu menawarkan produk yang selalu unggul sehingga konsumen akan merasa tidak rugi untuk kembali memilih produk dari produsen yang sama pada masa masa yang akan datang.

  1. Memberikan daya tarik bagi konsumen

Dengan melakukan branding, maka lambang produk, perusahaan otomatis akan tersimpan pada memori konsumen. Branding yang cukup baik, menarik, terpercaya dan dilakukan terus menerus akan membuat konsumen tertarik menggunakan produk yang ditawarkan produsen ybs.

  1. Memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi usaha

Branding yang melekat pada konsumen akan memudahkan pelaku usaha dalam melakukan diferensiasi usaha karena logo produsen tentunya akan tetap melekat pada tiap produk yang berbeda. Ingatan konsumen pada logo produsen yang memiliki branding cukup kuat inilah memudahkan untuk mendiferensiasi produk.

  1. Memberikan ciri khusus yang dapat membedakan produk anda dengan produk pesaing

Branding yang kuat akan semakin memudahkan konsumen membedakan produk Anda dengan produk pesaing, baik dari logo produk, logo perusahaan bahkan hingga kepercayaan konsumen lainnya dalam menggunakan produk yang sama.

  1. Membuka peluang bagi produsen untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi

Ketika suatu produk sudah dikenal cukup baik oleh khalayak, maka produsen jauh lebih mudah untukĀ  menetapkan harga jual yang lebih tinggi. Harga tidak akan menjadi masalah yang berarti karena konsumen merasa bahwa produk yang ditawarkan pasti memiliki keunggulan.

Inilah keuntungan branding dalam bisnis.