Di zaman sekarang menjalani bisnis bisa dilakukan hampir semua orang. Tak ada lagi tuntutan modal besar atau menyewa tempat buat buka toko. Bermodal smartphone saja memungkinkan Anda membuka usaha sendiri.

Namun, semakin banyak bisnis yang dikembangkan, semakin tinggi pula tingkat persaingannya. Anda pasti tak mau, kan, bangkrut saat sedang merintis usaha? Maka untuk menghadapinya, mari simak lima strategi ampuh berikut ini!

  1. Mengenali karakteristik bisnis Anda

Apakah jenis bisnis yang Anda jalankan bersifat musiman atau memberi untung jangka panjang? Mengenal karakteristik bisnis akan membantu Anda merencanakan strategi di tahun berikutnya serta mewaspadai kemungkinan terburuk. Bisnis musiman, misalnya, tak akan selalu menghasilkan laba besar. Belum lagi kompetitornya yang sangat banyak. Sebaiknya Anda berjaga-jaga dengan menjalankan usaha yang lebih stabil meski untungnya tak sebesar bisnis musiman Anda.

  1. Mempelajari bisnis milik kompetitor Anda

Setelah mengetahui karakteristik bisnis sendiri, sekarang pelajari usaha yang dijalankan pebisnis Anda. Hal ini mencakup bagaimana mereka memasarkannya, apa saja inovasi produk yang ditawarkan, sampai strategi yang mereka terapkan. Kemudian, analisis bagaimana produk mereka dibutuhkan konsumen. Manfaatkan setiap celah yang bisa Anda jadikan sebagai senjata untuk memoles kualitas produk maupun layanan bisnis Anda.

  1. Menerapkan prinsip ATM pada bisnis

Rumus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) adalah strategi selanjutnya yang dinilai akan membantu Anda saat menghadapi persaingan bisnis. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, amati perilaku konsumen dan pesaing, tiru produk maupun teknik pemasaran, lalu modifikasi sedemikian rupa. Metode ini sudah sering diterapkan buat mengembangkan bisnis, kok. Selama produk Anda tak seratus persen menjiplak, maka Anda punya hak memasarkannya.

  1. Tingkatkan pelayanan pada konsumen

Salah satu faktor yang menentukan konsumen bertahan dan meninggalkan bisnis adalah cara Anda melayani mereka. Sebagus apa pun produk yang ditawarkan, penjualannya tak akan menguntungkan bila tak dibarengi layanan yang baik. Anda yang belakangan sering menerima keluhan atau malah protes dari pelanggan perlu mengevaluasi pelayanan. Tingkatkan performa dan sediakan fasilitas sebaik mungkin supaya konsumen tak minggat.

  1. Berikan promo dan penawaran menarik

Trik yang satu ini tak akan gagal memikat konsumen. Meski demikian, Anda tetap harus cermat saat merancang penawaran yang akan diberikan kepada mereka. Misalnya, saat menyediakan diskon atau potongan harga, pastikan Anda tetap akan menerima untung. Produk yang Anda sediakan pun harusĀ  berkualitas untuk menjaga kepuasan para konsumen. Akan lebih bagus kalau Anda melakukan promo secara berkala agar pelanggan terus menantikan kejutan dari usaha Anda.

Dengan lima trik ini, Anda diharapkan bisa bertahan di tengah sengitnya persaingan bisnis. Semoga informasi ini membantu Anda meraih kesuksesan, ya!