Secara alami, memberi dan menerima hadiah merupakan bagian penting dalam proses bonding antara sesama manusia. Saat menerima hadiah, kita cenderung merasa bahagia dan lebih terhubung dengan orang yang memberi hadiah. Hal ini tidak hanya berlaku pada hubungan pribadi saja, tapi juga untuk hubungan profesional antara perusahaan dengan para pelanggannya. Itu sebabnya, banyak perusahaan yang sering memberikan hadiah promosi berupa gift set kepada pelanggannya sebagai salah satu strategi marketing untuk membangun dan memperkuat ikatan yang positif dengan mereka.

Namun bukan cuma itu saja, berikut ini adalah beberapa manfaat lainnya memberikan hadiah gift set sebagai souvenir kepada pelanggan Anda.

1. Menonjolkan visibilitas brand.

Menghadiahkan custom gift set akan menciptakan peluang bagi bisnis Anda untuk berkreasi sekreatif mungkin dengan membuat desain kemasan dan produk yang unik, sehingga jadi tampak lebih berkesan di mata si penerima. Saat citra yang positif muncul, ini akan mempengaruhi keputusan mereka di masa yang akan datang untuk terus membeli produk dari perusahaan Anda.

2. Meningkatkan persepsi nilai merek.

Siapa yang tidak merasa bahagia saat menerima hadiah? Ketika gift set yang Anda berikan membuat pelanggan senang, secara tidak sadar mereka akan mengaitkan rasa senang tersebut dengan bisnis Anda. Terlebih lagi jika hadiah yang Anda berikan memiliki kualitas dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan mereka, maka akan semakin baik pula persepsi nilai yang pelanggan Anda berikan terhadap merek Anda.

3. Menjadikan pelanggan sebagai brand ambassador.

Memberikan gift set merupakan cara yang bagus untuk memperkuat konektivitas yang lebih baik dengan pelanggan Anda. Selain membuat mereka senang, para pelanggan yang merasa puas juga tidak akan ragu untuk merekomendasikan produk Anda kepada teman dan keluarga mereka. Tentu saja, Anda tahu bukan bagaimana kekuatan dari strategi word of mouth dalam dunia pemasaran?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pilihan Souvenir Untuk Paket Seminar Kit

4. Sebagai bentuk apresiasi perusahaan.

Tidak ada cara terbaik untuk menunjukkan apresiasi Anda terhadap loyalitas pelanggan dengan memberikan gift set. Secara tidak langsung, gift set dapat menyampaikan pesan instan berupa ucapan terima kasih Anda yang tidak perlu dijelaskan lagi dengan kata-kata.

5. Meningkatkan loyalitas pelanggan.

Ketika pelanggan merasa senang atas gift set yang Anda berikan, secara otomatis mereka akan terus memilih untuk berbisnis dengan Anda. Saat loyalitas meningkat, pada akhirnya hal ini dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan yang menguntungkan bagi bisnis Anda dalam jangka panjang.

6. Menjaga kesadaran merek dengan cara yang lebih baik.

Banyak orang cenderung merasa terganggu saat melihat iklan yang sama secara berulang. Namun dengan memberikan pelanggan hadiah berupa gift set, Anda dapat menjaga kesadaran merek di benak mereka terus-menerus dengan cara yang lebih baik. Saat mereka menggunakan hadiah yang Anda berikan dalam jangka waktu yang lama, secara tidak sadar mereka akan terus mengingat merek Anda dan pada akhirnya mengenali bisnis Anda ketika membutuhkan produk atau layanan Anda.

7. Sebagai alternatif iklan dengan biaya yang rendah.

Mengiklankan merek Anda agar dikenal oleh banyak orang akan membutuhkan biaya yang sangat mahal. Namun kabar baiknya, memberikan hadiah gift set bisa menjadi solusi periklanan yang relatif murah. Selain itu dibandingkan dengan menonton iklan, tentu gift set custom yang diberikan langsung kepada pelanggan Anda akan tampak lebih eksklusif dan istimewa bagi mereka. Ini menjadikan gifts set sebagai alternatif iklan dengan biaya terjangkau yang memiliki dampak yang lebih besar

Menghadiahkan pelanggan Anda gift set merupakan bagian dari strategi marketing yang baik. Dengan beragam manfaat yang ditawarkannya, alat pemasaran ini dapat menghasilkan lebih banyak penjualan dan keuntungan yang menjanjikan bagi bisnis Anda di masa mendatang.