Laguna IT WhiteProfesi sebagai seorang sales atau marketing atau wiraniaga tentunya memerlukan pengetahuan dan ketrampilan yang harus terus menerus diperbaharui dan dikembangkan. Menggali ilmu tentang pemasaran, psikologi konsumen dan cara berbicara wajib dipelajari dan diperbaharui terus menerus. Apabila pengetahuan dan wawasan sales minim dan “jadul” maka bisa dipastikan maka konsumen akan mundr perlahan dan bergerak ke penyedia layanan atau produk lainnya tanpa memberikan berita. Apabila ini terjadi maka pada akhirnya target penjualan tidak akan tercapai sehingga akan mengancam kelangsungan bekerja sales dalam satu perusahaan. Lalu apa yanng harus dilakukan oleh seoarang sales agar hal tersebut tak terjadi?

 

  1. Mengubah ritme kerja

Semua bidang pekerjaan tentunya memiliki ritme kerja yang berbeda beda. Merupakan satu hal yang cukup sulit untuk beradaptasi dan merubah ritme kerja seseorang. Ritme kerja yang perlu dirubah disini dalam artian apabila ritme kerja sebelumnya telah membawa sedikit perubahan terhadap pekerjaan seorang salesmana maka sebaiknya ritme kerja yang digunakan selanjutnya jauh lebih diperbaharui dan diperbaiki sehingga hasil kerja semakin meningkat pula.

 

  1. Memiliki kemampuan verbal dan public speaking yang baik

Mampu berkomunikasi dan berbicara kepada lawan bicara secara jelas dan terstruktut maka penjelasan yang diajukan oleh seorang salesman tentang suatu produk setidaknya akan jauh dimengerti dan dipahami oleh lawan bicara. Jadi penambahan ketrampilan public speaking inikah yang dapat menjadi nilai tambah oleh lawan bicara atau konsumen yang berminat atas produk.

 

  1. Memiliki karakter yang kuat dan positive attitude

Bagaimana seorang salesman menilai dirinya dan keluarganya merupakan satu hal penyumbang berkembang tidaknya kepedulian sosial anak terhadap sekitarnya terutama pada konsumen yang akan dhadapinya. Berbagai reaksi penolakan seringkali dihadapi oleh salesman dari calon konsumen yang mereka datangi, namun mereka tetap kuat dan tangguh berada di posisi tersebut karena nantinya ia akan menemui medan yang jauh lebih berat daripada saat ini. Dengan mental yang kuat maka apapun yang akan dihadapi oleh saesman tentunya akan menjadi satu pelajaran berharga bagi kita semua karena apapun medan yang kita hadapi dan aral melintang maka kita harus percaya diri untuk melangkah.

 

  1. Memiliki pengetahuan pemasaran dan ;

Target penjualan yang berbeda beda anatar perusahaan satu dengan lainnya membuat seorang salesman harus menambah jaringan dan harus dibekali dengan ilmu pemasaran yang mumpuni sehingga mampu memasarkan produk jauh lebih baik lagi dan ikut meningkatkan angka penjualan di suatu tempat

 

  1. Memiliki analisa yang kuat

memiliki daya analisa yang kuat? Yaitu kemampuan seseorang dalam melakukan perhitungan-perhitungan dengan pengukuran Logika-logika berpikir yang masuk akal, cepat cermat dan dapat di terima. Dapat dibayangkan ketika sedang bernegosiasi diskon si Salesman salah dalam berhitung sehingga kemudian terjadi kesalahan harga, dan akhirnya si Salesman harus meralat harga tersebut di kemudian hari, maka si customer pun tentunya akan mendapat respon yang kurang baik.Memiliki daya analisa yang kuat berarti juga mampu mengambil kepurusan yang benar dengan cepat, hal ini tentunya menjadi additional value ketika customer bernegosiasi dengan salesman tersebut.

 

Jadi siapkah anda menjadi sales yang mampu secara rutin mengupgrade kemampuan sebagai sales?