Seminar tentu tidak akan menarik tanpa adanya souvenir seminar yang menarik perhatian peserta. Souvenir tersebut biasanya berfungsi sebagai cinderamata kepada peserta seminar. Souvenir ini biasanya juga dimanfaatkan sebagai fasilitas peserta selama mengikuti seminar.

Tak jarang jika banyak perusahaan begitu selektif dalam memilih souvenir yang tepat untuk seminar mereka. Souvenir tersebut diharapkan bisa berguna untuk jangka waktu yang lama bahkan setelah seminar tersebut berakhir. Souvenir seminar biasanya berbeda tergantung dari konsep seminar yang diselenggarakan.

Ada beberapa barang yang bisa dijadikan souvenir seminar agar seminar semakin menarik perhatian.

1. Buku agenda

Salah satu barang yang sering menjadi souvenir seminar adalah buku agenda. Buku agenda dari acara seminar biasanya didesign lebih sederhana dengan cover yang minimalis dengan tambahan logo perusahaan. Beberapa buku agenda dari seminar dilengkapi juga dengan kalender. Buku agenda yang sederhana biasanya menggunakan soft cover, namun tidak jarang juga perusahaan yang menggunakan hard cover.

2. Pulpen

Souvenir seminar yang berisi buku biasanya dilengkapi juga dengan pulpen. Peserta seminar tentu tidak bisa mencatat isi seminar jika tidak ada pulpen, bukan? Ada banyak model pulpen yang bsia dipilih untuk souvenir seminar. Beberapa perusahaan menggunakan pulpen custom untuk souvenir seminar mereka. Pulpen custom biasanya menggunakan logo dan nama perusahaan.

3. Flashdisk

Terlihat sederhana namun sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Souvenir ini bahkan bisa digunakan dalam waktu yang lama bahkan setelah seminar selesai. Ketika seminar berlangsung, usb flashdisk bisa digunakan untuk menyimpan materi seminar yang disampaikan. Tidak heran jika seminar semakin  menarik perhatian banyak orang jika menggunakan souvenir flashdisk. Seperti halnya buku dan pulpen, flashdisk Anda bisa memilih flashdisk custom  untuk souvenir seminar agar tidak terlihat monoton.

Meski terlihat sederhana, namun souvenir yang diberikan saat seminar bisa menarik perhatian banyak peserta. Banyak perusahaan yang bahkan memilih souvenir yang benar-benar tepat untuk seminar mereka. Biasanya, souvenir tersebut disesuaikan dengan konsep seminar atau bahkan perusahaan penyelenggara seminar tersebut.