Anda seorang pebisnis? Jika ya, apa yang Anda butuhkan untuk memajukan bisnis Anda? Strategi pemasaran, tim yang handal, atau apa?

Mungkin sebagian dari pebisnis memilih untuk memberdayakan sales dalam memajukan bisnisnya. Namun sales tanpa coaching yang tepat akan lesu dalam omzet penjualannya. Kira-kira bagaimana kiat agar mereka powerfull dalam marketing-nya? Yuk, simak ulasan berikut.

  1. Recruitment, training dan mentoring
  • Ketiga hal ini adalah faktor penting dalam memberdayakan sales. Pilihlah orang yang memiliki semangat tinggi dengan tujuan hidup yang jelas. Pelihara motivasinya dengan training yang tepat dan lanjutkan dengan mentoring secara berkala agar tim sales dapat mencapai targetnya dengan baik.
  1. Evaluasi dan reward
  • Atasan yang baik adalah pemimpin yang tidak berpangku tangan. Yaitu pemimpin yang terus mengedukasi, memotivasi, dan mengevaluasi pencapaian para pekerjanya. Memantau proses kerja bawahan adalah cara terbaik untuk menjaga kualitas pekerjaan mereka. Bila terasa kurang greget, Anda bisa menyuntik semangat mereka dengan target reward agar termotivasi untuk meningkatkan penjualannya.
  1. Sales plan
  • Sebaiknya Anda membuat rencana penjualan yang jelas. Kemana produk akan dipasarkan dan siapa saja yang akan menjadi target penjualan. Maksimalkan pula fungsi coaching dengan mengedukasi mereka. Tanamkan pada mereka untuk tidak mengabaikan pembeli kecil, karena pembeli besar selalu memulai dengan pembelian dalam jumlah sedikit. Sebaiknya tingkatkan pelayanan tanpa harus memandang siapa saja yang perlu diprioritaskan. Tebarlah jala sebaik mungkin, agar customer datang lagi dan lagi karena kepuasannya. Hal ini akan membuat usaha Anda terus berkembang karena promosi dari mulut ke mulut yang mereka lakukan tanpa sadar.
  1. Target penjualan
  • Tulis semua hal yang terkait dengan penjualan secara rinci. Mulai dari waktu, customer, barang yang akan dilempar ke pasaran sampai dengan range harga yang ditetapkan.
  • Buat rencana jangka panjang, lalu bagilah dengan tujuan tahunan. Selanjutnya persempit dengan tujuan bulanan, mingguan, dan harian. Nah, target harian inilah yang harus dicapai oleh tim sales Anda.
  • Pastikan target penjualan realistis dan sistematis. Lakukan dari hal teringan terlebih dahulu untuk memperkuat keyakinan, bahwa Anda dan tim dapat mencapainya dengan baik.

Sesungguhnya tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Dimana ada jalan, di situ pula akan ada pencapaian bila dilakukan dengan cara yang baik dan tepat.

Bagaimana, Anda siap berinovasi?