Timbangan 02

Apakah Anda seorang sales, marketing, ataukah seorang pebisnis yang memiliki target omzet? Jika ya, meneruskan membaca artikel ini adalah pilihan yang tepat.

Sebagai pengusaha, kesuksesan suatu bisnis sangat ditentukan oleh berapa banyak produk yang terjual. Oleh karena itu, biasanya para pebisnis ini memiliki target penjualan. Target adalah poin penting yang tidak bisa diabaikan karena semakin banyak barang yang terjual, semakin banyak akumulasi omzet yang didapat, hal ini akan membuat keuntungan Anda semakin banyak.

Lalu bagaimana cara menentukan target omzet?

Pertama. Target yang baik haruslah pas, terukur dan bisa dicapai. Menetapkan target terlalu rendah bisa menurunkan semangat kerja dan menetapkan target terlalu tinggi bisa membuat Anda tertekan dan stres, jadi target harus realistis.

Kedua. Target omzet harus sejalan dengan pertumbuhan pasar dan rencana bisnis ke depan. Sebagai pebisnis, kita harus membuka mata lebar-lebar terhadap tren yang sedang berkembang, lalu implementasikan dengan rencana bisnis Anda ke depan.

Ketiga, buat rencana penjualan yang jelas, kemana produk itu akan dipasarkan, siapa target penjualan dan bagaimana pola penjualan Anda. Jangan remehkan pembelian dalam jumlah kecil, smart konsumen cenderung mencoba sedikit sebelum membeli dalam jumlah banyak. Gaet pelanggan Anda dengan pelayanan dan penghargaan maksimal.

Keempat, buku harian. Catat secara rinci pencapaian dan kesalahan dalam langkah agar Anda tahu dimana kekuatan Anda untuk terus dikembangkan kedepannya. Buat data statisik, perkecil target Anda agar lebih realistis dalam pencapaian. Tetapkan target tahunan Anda, persempit menjadi target bulanan, mingguan, lalu harian.

Kelima Jadilah kreatif dan teruslah berinovasi dalam memperkenalkan produk Anda. Buat mereka nyaman dengan semua yang ada pada diri dan usaha Anda.

Dan yang terakhir, Anda harus fleksibel bila terjadi hal di luar konsep namun tetap konsisten pada hasil pencapaian target, awali dengan doa agar sugesti diri menjadi lebih positif dan tetap fokus, karena fokuslah yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan. Yaitu sukses dalam meraih target omzet Anda