Jam Meja 14

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi 5 tahun belakangan ini, diikuti dengan merebaknya berbagai platform jejaring sosial, semakin memperluas peluang pemasaran. Bisnis dan media sosial hampir menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Bahkan berkembang pendapat bahwa bisnis yang tidak di-online kan harus bersiap tumbang di era digital ini.

Pemanfaatan media sosial untuk marketing, self branding dan review product terbukti sangat efektif untuk menentukan target pemasaran. Begitu pula dengan pemilihan akun media sosial yang menjadi media marketing. Setiap media pasti memiliki kelas klasifikasi pembeli yang berbeda. Seorang pebisnis yang sudah menerjunkan dirinya dalam persaingan pasar digital, dituntut mampu untuk mengelola media yang telah menjadi bagian dari usahanya.

Di sela kesibukan transaksi offline, pebisnis mau tak mau harus mengetahui cara mengelola media sosial untuk menjaring customer melalui dunia maya. Tak hanya satu, seorang pebisnis membutuhkan lebih dari 2 akun media sosial untuk melebarkan pemasaran.

Lalu, bagaimanakah cara mengelola media sosial ini sehingga menjadi efektif mendatangkan transaksi?

  1. Mengetahui dengan pasti tujuan dari setiap akun media sosial yang dimiliki

Hal yang paling utama adalah mengetahui tujuan dari setiap akun media sosial yang kita punya. Setiap akun media sosial pastinya memiliki tujuan yang berbeda. Facebook misalnya, pasti akan berbeda fungsi dengan twitter. Jika facebook kita perlakukan selayaknya “kantor” utama, tempat kita men-share seluruh produk,dan informasi data serta bertransaksi secara terbuka. Lain halnya dengan twitter yang hanya dimanfaatkan sebagai media pewarta sekaligus menjaring tim penjualan melalui followernya.  Pengaturan seperti ini memudahkan untuk memaksimalkan konten dalam media sosial.

  1. Membuat jadwal posting

Kesibukan mengelola usaha tentu saja tidak memungkinkan bagi seorang pebisnis untuk sebentar-sebentar melakukan kegiatan posting di facebook ataupun twitter. Penggunaan Buffer app dapat membantu mengatur kapan jadwal konten kita rilis. Aplikasi ini sangat membantu pada saat tingkat kesibukan sedang tinggi sedangkan follower kita sedang online.

  1. Memantau kata kunci tertentu dan merespon komentar

Searching kata kunci tertentu yang berkaitan dengan bisnis kita. Hal ini sangat membantu untuk mengetahui apa saja yang berkaitan dengan bisnis kita dan apa yang menjadi “hot topic”. Usahakan selalu membalas komentar yang ada di akun kita. Cantumkan juga link yang mengarah ke konten yang membahas hal yang menjawab pertanyaan follower kita. Pengaturan sederhana seperti ini sangat membantu fleksibilitas pebisnis dalam mengelola akun media sosial. Sehingga tidak akan ada alasan untuk mengabaikannya dengan alasan konten atau kesibukan, dengan mengetahui cara mengelola media sosial semuanya menjadi lebih teratur dan saling mendukung.