Seminar tentu tidak akan lengkap tanpa adanya souvenir yang menarik. Berbagai jenis souvenir menarik bisa dipilih untuk seminar yang Anda gelar. Adanya souvenir juga akan meningkatkan keinginan para peserta seminar untuk tetap berada di tempat hingga acara berakhir.

Maka, tidak salah jika Anda harus memilih souvenir seminar terbaik. Souvenir yang dibagikan kepada para peserta seminar juga bisa menjadi ajang promosi bisnis. Banyak peserta yang memilih seminar tertentu karena souvenirnya dapat mereka gunakan dan berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa jenis souvenir yang fungsional untuk acara seminar Anda.

1. Pulpen

Sudah sering bukan jika di sebuah seminar menyediakan souvenir pulpen yang terdapat logo perusahaan? Nah, jenis souvenir ini bisa Anda pilih. Pulpen juga berguna agar para peserta seminar bisa mencatat materi yang diberikan dengan jelas. Setelah semianr selesai, pulpen juga tetap berfungsi untuk aktivitas sehari-hari mereka. Anda bisa mencetak logo perusahaan di pulpen tersebut dan menjadikannya sebagai barang promosi dari perusahaan Anda.

2. Mousepad

Meski menggunakan laptop, kebanyakan orang merasa tidak nyaman jika tidak menggunakan mouse. Nah, barang ini bisa Anda pertimbangkan sebagai souvenir untuk acara seminar. Barang ini tentunya tetap fungsional setelah acara seminar selesai. Jika digunakan setiap hari, logo perusahaan Anda bisa dilihat lebih sering, sehingga souvenir ini tetap bisa dijadikan barang untuk mempromosikan perusahaan Anda.

3. Goodie Bag

Anda pasti sering mendapatkan goodie bag setelah selesai menjadi peserta seminar. Bukan tanpa alasan. Jenis barang yang satu ini nyatanya mampu menarik lebih banyak orang untuk datang ke seminar. Hal ini karena goodie bag akan sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari, terutama ketika semua tempat sedang melakukan gerakan pengurangan kantung plastik. Goodie bag pasti menjadi barang yang paling dicari.

4. Flashdisk

Siapa yang tidak membutuhkan benda kecil yang satu ini? Kebanyakan orang membutuhkan benda ini untuk menyimpan data pekerjaan mereka. Meski kecil, nyatanya benda ini bisa menyimpan banyak file. Dengan souvenir ini, seminar Anda akan ramai didatangi peserta karena benda yang satu ini sering dicari oleh banyak orang. Jangan lupa untuk mencetak logo perusahaan Anda di souvenir tersebut.

Di luar souvenir yang diberikan di acara seminar, pastikan materi seminar yang disampaikan mampu menarik perhatian para peserta sehingga mereka tidak mudah bosan. Souvenir yang menarik juga mampu mendatangkan peserta seminar dalam jumlah yang cukup banyak. Anda juga bisa menjadikan souvenir sebagai barang untuk mempromosikan perusahaan dengan mencetak logo perusahaan di souvenir tersebut.