3in1 Gift Set 23

Zaman sekarang, berbisnis telah menjadi pilihan banyak orang, dibandingkan mengabdikan diri menjadi seorang karyawan pada sebuah perusahaan atau kantor. Berbondong-bondong usaha bisnis baru kini bermunculan, bisnis makanan dan pakaian adalah dua bisnis yang paling mendominasi. Bagaimana pun hampir setiap manusia membutuhkan makanan dan pakaian, karena dua hal tersebut merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika bisnis dalam bidang makanan dan pakaian masih saja menjadi primadona.

Di karenakan pesaing kini juga tidak lagi sedikit, maka pebisnis dalam bidang kuliner dan fashion harus selalu memutar otaknya untuk memunculkan ide-ide baru yang lebih segar. Bisa jadi jenis makanan dan pakaian yang dijual sejenis, namun jika pebisnis mampu mengemasnya dengan cara yang baru, maka hal tersebut bisa menarik orang lebih banyak untuk membeli. Artinya, dengan metode tersebut maka akan lebih banyak keuntungan yang didapatkan.

Selain produk yang unik dan inovatif, hal lain yang perlu diperhatikan adalah teknik marketing produk tersebut. Seunik dan seinovatif apapun sebuah produk, jika produk tersebut tidak pernah dipasarkan, maka masyarakat pun tak akan pernah mengenalnya. Ada banyak teknik marketing, namun salah satu teknik terbaru, yaitu endorsement.

Sudah tidak diragukan lagi di jaman high technology seperti sekarang ini, kekuatan sosial media begitu dahsyat. Hanya dengan rajin membuat status di Facebook, rajin nge-tweet setiap hari dan mengunggah gambar dagangan kita ke instagram setiap hari bisa sangat meningkatkan keuntungan bisnis kita. Endorsement ini adalah salah satu teknik marketing yang kini semakin sering digunakan, karena caranya cukup mudah dan simple.

Sebenarnya endorsement bisa dilakukan di sosial media apapun. Namun, media yang paling sering digunakan adalah instagram. Caranya adalah meminta customer untuk berfoto dengan produk yang dibelinya, biasanya sambil diberi caption yang menceritakan tentang keunggulan produk tersebut. Kontennya merupakan ajakan kepada orang-orang untuk membeli produk tersebut lewat instagram kita dengan cara mention dan tagging foto tersebut ke instagram kita. Tujuannya adalah agar semakin banyak mengenal produk dan follow instagram kita, dan tentunya membeli produk tersebut.

Melihat fenomena endorsement kini semakin marak, banyak orang khususnya artis mulai menawarkan diri mereka untuk memberikan endorse produk. Pebisnis pun merasakan keuntungan dengan adanya endorse dari artis dikarenakan jumlah followernya yang sedemikian banyak. Hal seperti ini akan memudahkan produk mereka lebih dikenal luas, apalagi masyarakat Indonesia adalah tipikal yang suka ikut-ikutan dengan apapun yang dimakan dan dipakai oleh artis.

Biaya endorsement pun tidak setinggi biaya membuat iklan di televisi atau majalah, sehingga semakin banyak pebisnis menyukai cara ini. Semakin banyak follower seseorang, maka semakin tinggi biaya endorsement yang harus dikeluarkan. Tentu saja dengan harapan semakin sebuah produk di endorse oleh orang yang memiliki follower banyak, semakin terkenal produk itu, dan semakin laris manis lah bak kacang goreng.

Anda bukan artis dan ingin mencicipi rezeki dari endorsement? Perbanyaklah follower instagram Anda. Tidak perlu main film atau menjadi penyanyi dulu kok untuk melakukan endorsement. Bahkan, kini banyak orang yang disebut sebagai artis instagram di karenakan ia menjadi terkenal lewat instagram. Caranya selalu update instagram Anda dengan foto dan video yang khas sehingga banyak orang yang ingin tahu dan kenal.

Semakin banyak follower yang Anda punya, maka jangan kaget ketika tawaran endorsement pun datang bertubi-tubi. Salah satu artis yang dikenal lewat instagramnya adalah Ria Yusnita (Ria Ricis), yang masih adik kandung dari Oki Setiana Dewi. So, selamat mencoba!

Artikel Terkait:
Pentingnya Mental Positif dalam Bisnis