Menggunakan barang promosi sederhana bukan hanya efektif untuk pebisnis pemula. Ketika dipadukan dengan strategi marketing yang tepat, item-item tersebut akan terasa fungsional bagi calon konsumen sampai menaikkan daya saing perusahaan Anda di mata kompetitor.
Dalam hal ini, ada sebuah metode bernama marketing mix yang bisa Anda pakai untuk promosi sekaligus membangun brand perusahaan di tengah masyarakat umum. Nah, kira-kira barang apa saja yang simpel, tetapi dapat menjalankan metode pemasaran tersebut?

⦁    kaos atau jaket
Anda pasti familier dengan souvenir promosi satu ini. Selain bisa dipakai sebagai kenang-kenangan buat partnership, kaos dan jaket juga dapat dikenakan untuk kegiatan lain. Apalagi sekarang konveksi pakaian menyediakan layanan produksi pakaian khusus untuk item promosi perusahaan dengan harga murah. Sementara desainnya bisa Anda buat sendiri atau minta dibuatkan ke pihak konveksi.

⦁    Spunbond bag
Sekilas, spunbond bag mirip dengan tote bag, hanya saja materialnya lebih ringan dan teksturnya menyerupai kombinasi kertas dengan kapas. Warnanya pun variatif, sehingga bisa Anda manfaatkan sebagai merchandise tanpa menguras anggaran yang disediakan perusahaan. Untuk mengoptimalkan promosi, sematkan juga logo perusahaan pada spunbond bag.

⦁    Kipas
Merchandise promosi selanjutnya yang tak kalah terjangkau adalah kipas. Anda bisa memesan kipas tangan atau kipas lipat dan pastikan ukurannya praktis buat dibawa ke mana-mana. Selain itu, item ini cocok untuk masyarakat Indonesia, karena bisa digunakan saat cuaca sedang panas. Pakai ruang pada permukaan kipas buat menempatkan logo perusahaan dan kontak yang bisa dihubungi, ya.

⦁    Pin
Mungil, tetapi terbilang efektif buat Anda gunakan sebagai produk promosi. Jika ukurannya terlalu kecil, Anda bisa meminta kepada produsen untuk membuatkannya dalam ukuran lebih besar. Kreasikan juga bentuknya supaya calon konsumen tak memandang remeh souvenir perusahaan Anda. Salah satu opsi alternatif yang dapat diambil adalah menggunakan pin enamel.

⦁    Alat tulis
Seperti halnya notebook, alat tulis seperti pensil dan pena menjadi item promosi yang masih sering dipilih perusahaan buat meningkatkan brand awareness. Pastikan juga alat tulis yang diberikan bisa dipakai. Tak sedikit calon konsumen mengeluhkan pensil yang mudah patah atau pena yang tintanya cepat habis meski baru digunakan beberapa kali.

⦁    Mouse dan mousepad
Bukan hanya USB promosi saja yang bisa Anda andalkan sebagai merchandise. Ada perangkat lain seperti mouse yang ternyata bisa membantu Anda mempromosikan perusahaan, lho. Memang targetnya lebih eksklusif, misalnya pengguna komputer atau online gamers. Harga mouse dan mousepad juga relatif terjangkau, tergantung Anda mau memakai yang dengan kabel atau nirkabel (wireless).

Demikian opsi produk yang bisa dimanfaatkan buat promosi. Barang-barang lain yang dapat dipilih mencakup souvenir USB, notebook, hingga cangkir.