Dompet Paspor

Akhir-akhir ini blogger banyak mendapat undangan menghadiri acara peluncuran produk baru. Mengapa perusahaan pembuat produk tersebut memilih bekerja sama dengan blogger? Karena profesi blogger saat ini sudah dianggap lebih serius. Blogger tidak lagi dipandang sebagai orang yang menulis buku harian di dunia maya, namun sebagai influencer yang bisa memberikan pengaruh bagi pembaca blog-nya.

Dalam acara peluncuran produk, biasanya blogger mendapatkan produk yang diluncurkan tersebut. Selain itu mereka juga biasanya mendapatkan souvenir atau merchandise dari perusahaan. Lalu apa tugas para blogger tersebut? Mereka diminta membuat tulisan tentang acara tersebut di blog-nya. Terkadang mereka juga diminta membuat livetweet selama acara berlangsung. Link tulisan tersebut kemudian akan disebarkan lewat media sosial termasuk ke grup-grup komunitas blogger. Artinya, blogger punya andil dalam promosi produk baru tersebut.

 

Blogger biasanya akan menulis secara detil tentang spesifikasi produk tersebut juga keunggulannya. Karena gaya menulis tiap blogger berbeda. Dan lebih baik dengan gaya bahasa yang tidak kaku. Supaya pembaca tidak bosan, blogger boleh menyertakan kalimat-kalimat santai atau candaan, misalnya: “Makan siang di acara tadi enak banget, lho!” atau “Pasti pada ngiri kan saya dapat souvenir and merchandise keren he he.”

 

Tulisan yang sesuai dengan gaya masing-masing blogger ini yang membuat posting-an mereka jadi lebih menarik dibaca. Apalagi jika si blogger punya banyak follower di blog dan media sosialnya, sehingga jumlah pengunjung per hari di blog-nya pun banyak. Makin banyak yang membaca tulisannya, berarti makin banyak pula promosi yang dilakukan. Selain itu, brand serta produk perusahaan tersebut, makin melekat di benak pembaca.

 

Tak jarang perusahaan mengajak blogger untuk bekerja sama lebih lanjut untuk mempromosikan produknya, misalnya dengan meminta blogger mengadakan giveaway atau semacam kontes berhadiah. Hadiahnya bisa berupa produk, souvenir, dan merchandise dari perusahaan. Para peserta giveaway yang juga sesama blogger diminta untuk membuat tulisan yang berhubungan dengan produk atau perusahaan tersebut. Jumlah share link tulisan terkadang jadi salah satu kriteria penilaian. Makin banyak di-share atau disebarkan, artinya perusahaan bisa berpromosi dengan biaya jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan beriklan di media.

 

Beberapa blogger bahkan sering diminta untuk mengulas produk-produk lain dari perusahaan tersebut dan diminta menjadi semacam brand ambassador untuk mempromosikan produk-produk mereka dalam jangka waktu tertentu. Kelebihan lain dari bekerja sama dengan blogger adalah tulisan di blog, jika disertai dengan keyword yang tepat, bisa ditemukan di mesin pencari (search engine seperti Google) dalam jangka waktu tak terkira.

 

Tidak sulit mencari komunitas blogger yang memiliki kredibilitas. Kita bisa mencari infonya lewat Twitter ada grup Facebook. Di tiap komunitas blogger biasanya ada admin yang akan mengoordinir blogger yang mau dan bisa diundang ke acara peluncuran produk serta memastikan para blogger membuat tulisan tentang acara dan produk tersebut di blog-nya. Anda pemilik bisnis yang ingin mempromosikan produk dan jasanya? Silakan coba bekerja sama dengan para blogger.