Menggunakan barang promosi seperti souvenir sudah sering dilakukan perusahaan untuk berbagai tujuan. Hal yang diprioritaskan adalah memperkenalkan brand atau produk mereka pada konsumen potensial.

Lebih dari itu, produk-produk promosi memiliki manfaat lain yang dijamin bakal membawa keuntungan bagi perusahaan. Salah satu di antaranya adalah penjualan. Ya, strategi marketing ini sudah diterapkan perusahaan yang ingin sekaligus meningkatkan brand awareness. Lantas, apa saja keunggulan yang akan Anda peroleh saat memakai produk promosi untuk mendongkrak anga penjualan?

  • Memberi kedekatan personal¬†

Ada banyak benda yang bisa Anda jadikan sebagai souvenir promosi dan beberapa di antaranya dekat dengan kehidupan sehari-hari. Sebut saja mug, kaos, tote bag, notebook, hingga botol air minum. Walau terkesan simpel, kenyataannya produk ini akan memberikan kedekatan secara personal kepada calon konsumen potensial.

  • Menjadikan brand Anda sebagai prioritas

Brand repetition merupakan salah satu strategi pemasaran yang menancapkan brand berulang kali agar konsumen terus mengingatnya. Ketika teknik ini diaplikasikan pada merchandise promosi, mereka akan secara tak sadar menyimpan nama perusahaan Anda dalam ingatan. Langkah ini pun bisa membawa mereka membeli produk perusahaan Anda saat membutuhkan item yang sesuai.

  • Menekan bujet pengeluaran

Ketika menggunakan produk promosi, Anda bukan cuma memperkenalkan perusahaan, melainkan juga memberikan produk yang bisa digunakan konsumen. Langkah ini lebih praktis dibandingkan kalau Anda melakukan promosi dan memberikan hadiah secara terpisah. Di sisi lain, angka penjualan bisa dipompa karena konsumen telah mengenal perusahaan beserta produk Anda.

  • Teknik promosi jangka panjang

Anggaran yang dikeluarkan untuk souvenir perusahaan mungkin terasa besar di awal, tetapi tak sesering saat Anda beriklan di radio atau televisi. Kemudian, seperti yang telah disinggung, konsumen juga akan merasa diingatkan terus dengan brand perusahaan Anda. Dampak jangka panjang inilah yang memberi dampak terhadap penjualan.

  • Memancing rasa ingin tahu

Rasa ingin tahu adalah salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen membeli produk. Anda dapat memancingnya dengan memberikan produk promosi. Sebagai contoh, kalau perusahaan Anda bergerak di bidang teknologi yang memproduksi perangkat elektronik, jadikan USB promosi sebagai souvenir. Nantinya konsumen akan tertarik untuk mendalami perusahaan maupun produk Anda.

  • Tak perlu memusingkan pajak

Menggunakan souvenir sebagai bentuk promosi juga akan menghindarkan Anda dari tagihan pajak. Jika Anda belum tahu, pemakaian media tertentu bakal dikenakan nilai pajak. Akan tetapi, sejauh ini membagi souvenir tak akan masuk ke dalam daftar pajak tambahan. Jadi, Anda tak akan kerepotan menghitung potongan yang nantinya masuk ke laporan.

Nah, semoga dengan informasi ini Anda tak ragu lagi menggunakan souvenir atau merchandise untuk promosi. Baik dengan souvenir USB, cangkir, maupun produk lainnya.