Souvenir Powerbank custom kulit

Promosi adalah hal yang paling penting di dalam strategi marketing. Promosi adalah cara kita meyakinkan publik agar mengenal perusahaan, mengenal produk, dan mau membeli atau menggunakan produk yang kita hasilkan. Selain memasang iklan di media-media besar, memberikan barang promosi secara gratis juga bisa menjadi strategi marketing yang efektif.

Barang promosi adalah titik mula perkenalan publik terhadap perusahaan kita. Sebaiknya barang promosi didesain dan dibuat dengan sungguh-sungguh agar kesan pertama kita di mata publik bagus. Agar barang promosi sukses menarik perhatian calon klien, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tentukan target

Barang promosi sebaiknya disesuaikan dengan target perusahaan Anda. Seperti misalnya target perusahaan Anda adalah orang-orang yang senang berolahraga, maka barang promosi yang bisa Anda buat contohnya tas gym atau botol minuman. Salah satu cara menentukan target adalah dengan membuat survei berdasarkan usia, jumlah penghasilan, jenis kelamin, kebiasaan, dan minat. Anda bisa mendesain barang promosi berdasarkan informasi yang didapat. Sebaiknya Anda merinci target Anda secara detail agar lebih mudah merancang barang promosi.

Baca Juga: Mendapatkan Souvenir Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan

Pahami keinginan klien

Klien pasti memiliki keinginan, harapan, dan idealisme masing-masing terhadap perusahaan. Memahami apa yang diinginkan klien terhadap perusahaan membantu kita membuat strategi promosi yang lebih efektif dalam hal ini adalah barang promosi. Sebagai contoh klien Anda adalah orang yang sangat peduli lingkungan maka klien ini pasti mengharapkan perusahaan Anda peduli lingkungan juga. Untuk klien yang seperti ini Anda bisa memberikan tas belanja daur ulang.

Keinginan klien terhadap bisa dijadikan fokus perhatian saat Anda membuat barang promosi. Jika Anda masih belum bisa mengidentifikasi keinginan klien, Anda bisa juga memperhatikan perusahaan lain yang bekerja di bidang yang sama dengan perusahaan Anda dan mempelajari aspek apa yang mereka tekankan di dalam iklan.

Sesuaikan media yang digunakan klien

Dari langkah-langkah di atas tentu Anda bisa menarik kesimpulan media apa yang paling sering digunakan klien target. Media online paling banyak digunakan oleh anak-anak muda. Media televisi, koran, dan radio lebih banyak digunakan oleh generasi yang lebih tua. Gunakan media-media ini untuk menyebarkan barang promosi Anda, seperti misalnya, target Anda adalah sering menggunakan media online, Anda bisa menyebarkan barang promosi digital yang bisa dikirimkan melalui email atau sosial media seperti voucher elektronik.

Pertimbangkan faktor strategi promosi lainnya

Faktor-faktor di dalam strategi promosi yaitu harga, produk perusahaan dan lokasi penjualan perlu dipertimbangkan juga saat membuat barang promosi. Harga adalah biaya pembuatan barang promosi. Saat Anda membuat strategi promosi pasti Anda akan menentukan berapa bujet yang bisa Anda keluarkan untuk membuat barang promosi. Pertimbangkan apakah barang promosi sudah sesuai dengan bujet atau tidak.

Produk perusahaan juga perlu dijadikan bahan pertimbangan. Kalau bisa barang promosi yang Anda sebarkan ada kaitannya dengan produk yang dihasilkan perusahaan Anda. Begitu juga dengan lokasi penjualan produk. Sebaiknya barang promosi yang Anda berikan bisa menggiring calon klien untuk datang ke lokasi penjualan produk-produk perusahaan.