Square Bluetooth Speaker

Dengan semakin mudah dan semakin meningkatnya penggunaan internet, maka kegiatan pemasaran produk barang dan jasa juga memanfaatkan internet untuk melakukan aktivitas marketing secara online. Aktivitas marketing secara online umumnya berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan memperkenalkan produk, memperluas prospek dan mencari konsumen, serta menjalin komunikasi yang lebih intens dengan konsumen. Kegiatan marketing online dilakukan dengan memanfaatkan e-mail, website, social media (Facebook, Twitter, Instagram, Google+), serta aplikasi chat (antara lain WhatsApp, Line, Kakao Talk, Telegram).

Untuk memaksimalkan kegiatan marketing online agar strategi yang dipilih jitu dan tepat sasaran, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan:

  1. Membangun database prospek

Database prospek merupakan asset penting dalam melakukan marketing online, karena digunakan untuk mengirimkan penawaran produk. Sumber data dalam database prospek dapat berasal dari kartu nama, direktori, mailing list, atau web subscriber. Semakin banyak nama yang terdaftar terdapat dalam database prospek, maka peluang keberhasilan marketing online akan semakin besar.

  1. Memanfaatkan email sebagai sarana marketing

Saat ini email masih tetap menjadi sarana komunikasi paling popular di internet. Email memiliki kelebihan dalam daya jangkau yang sangat luas, karena email digunakan oleh seluruh pengguna internet yang menggunakan semua device, termasuk laptop dan smartphone.

  1. Memilih social media yang sesuai

Dalam memilih social media untuk memasarkan produk, perlu dipertimbangkan hal-hal seperti apakah social media yang akan digunakan masih baru atau sudah tidak populer, apakah pengguna social media yang akan digunakan sesuai dengan target pasar produk, serta bagaimana perilaku konsumen yang akan membeli produk.

  1. Menerapkan teknik SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan teknik yang mendorong website perusahaan atau produk kita masuk hasil pencarian teratas di search engine. Dengan masuk pencarian teratas, diharapkan jumlah pengunjung ke website kita akan meningkat, dan akan meningkatkan peluang perusahaan dan produk kita lebih dikenal oleh calon konsumen.

  1. Gencar dan konsisten dalam mengisi konten di media marketing online

Konten merupakan “mata uang” pada marketing online untuk menarik calon konsumen datang dan membeli produk. Selain kualitas konten yang baik, bermanfaat, dan sesuai target konsumen, frekuensi pemasangan konten di media online juga akan menentukan apakah produk yang kita pasarkan lebih dikenal oleh pasar atau tidak.