USBPlastik22

USB (Universal Serial Bus) Flashdisk atau yang biasa disebut USB promosi adalah salah satu produk yang kerap dijadikan pilihan perusahaan maupun instansi sebagai merchandise. Semakin berkembangnya dunia digital dan berbagai pilihan warna dan bentuk yang ditawarkan membuat USB promosi semakin diminati untuk dijadikan merchandise perusahaan. Fungsional, simpel dan unik, tiga kata inilah yang menggambarkan alasan laris manisnya USB promosi di pasaran.

Menjadikan USB flashdisk sebagai merchandise perusahaan tentu berbeda nominal dengan merchandise berupa pulpen, mug atau kalendar. Anggaran yang dibutuhkan tentu lebih besar sehingga perlu adanya target promosi yang jelas dan spesifik untuk menghindari distribusi yang tidak sesuai dan pengeluaran yang tidak tepat sasaran. USB promosi ini akan tepat sasaran jika diberikan kepada orang yang bisa menggunakannya, pelanggan yang nilai pembeliannya sudah memenuhi kriteria maupun pihak-pihak yang menjalin kerjasama secara intensif dengan perusahaan. Dengan demikian, produk dapat tepat guna dan terjalin simbiosis mutualisme antara perusahaan dengan pihak penerima.

Merchandise selalu dibagikan secara gratis, baik bersyarat maupun tidak. Jika bersyarat, biasanya hal tersebut merupakan strategi marketing perusahaan untuk meningkatkan kuantitas penjualan. Gratis atau tanpa nilai nominal inilah yang kerap kali berbanding terbalik dengan kualitas produk, berbeda jauh dengan kualitas USB flashdisk yang diperjualbelikan, dan ini tidak jarang menimbulkan kekecewaan bagi masyarakat.

Perlu dipahami bahwa perusahaan yang memberikan merchandise memiliki standar nominal untuk masing-masing produk promosinya, bahkan untuk jenis produk yang sama sekalipun. Suatu perusahaan bisa jadi memiliki merchandise berupa USB promosi yang beraneka rupa. Namun sasaran pemberiannya bisa berbeda-beda, seperti USB promosi kualitas A untuk pelanggan dengan range nominal pembelian yang cukup besar. Untuk pelanggan dengan range nominal pembelian di bawahnya, tetap mendapat USB promosi, namun dengan kualitas B atau C.

Untuk memastikan USB promosiĀ  dapat berfungsi dengan baik, diperlukan adanya quality control pada USB promosi. Jika perusahaan bekerjasama dengan produsen USB, maka saat barang datang, perusahaan harus memastikan bahwa USB yang diterima berada dalam kondisi baik dan dapat berjalan sesuai fungsinya. Setelah itu, kondisi penyimpanan USB promosi juga perlu diperhatikan, seperti disimpan di tempat yang kering dan tidak lembab, tidak tertumpuk dengan benda-benda yang berat dan tidak diletakkan berdekatan dengan medan magnet.

Quality controlĀ  merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk memastikan kualitas USB promosi tetap terjaga dengan baik, dari segi penampilan fisik maupun fungsinya.