Custom_shape_USBPelanggan adalah raja. Oleh karena itu, wajar jika produsen atau perusahaan memberikan sesuatu sebagai tanda mata atau tanda terima kasih. Tanda mata ini juga dapat dijadikan sebagai merchandise perusahaan yang dapat menarik pelanggan. Bagaimana cara menarik pelanggan dengan merchandise promosi?

 

Merchandise dan Promosi

Jika bicara merchandise, sangat berkaitan erat dengan promosi. Hal ini sangat penting bagi perusahaan, untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa, sekaligus menarik calon pelanggan baru. Merchandise adalah barang yang paling mudah menjadi “wakil” dari perusahaan, yang dapat diterima dengan baik oleh para pelanggan. Selain itu, merchandise juga tidak memerlukan budget yang tinggi, tetapi dapat dengan mudah menarik perhatian pelanggan. Jadi, pemberian merchandise merupakan strategi promosi yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam menarik pelanggan.

 

Berikan Reward

Reward atau penghargaan tidak harus selalu berupa barang yang mahal. Perusahaan dapat memberikan merchandise yang merepresentasikan perusahaan. Namun, sampaikanlah secara istimewa. Misalnya, pada saat pelanggan ulang tahun. Atau, pada saat perusahaan berulang tahun. Bisa juga diberikan secara rutin, dalam momen yang tepat. Bentuk perhatian terhadap pelanggan yang disampaikan secara personal ini, akan menarik perhatian para calon pelanggan, sehingga mereka tertarik menggunakan produk dari perusahaan.

 

Hadiah Promosi

Para pelanggan akan sangat senang jika mendapatkan souvenir yang berguna. Buatlah para pelanggan merasa dihargai, dengan membuat program promosi. Misalnya, hadiah langsung yang diberikan kepada seluruh pelanggan. Hadiah langsung ini dapat berupa merchandise. Pemberian hadiah langsung ini pun hendaknya tanpa syarat dan ketentuan. Dengan adanya hadiah langsung ini, pelanggan akan terus setia, dan calon pelanggan akan mulai menggunakan produk perusahaan.

 

Cantumkan Logo

Satu hal penting dalam menarik pelanggan dengan barang promosi adalah dengan mengenalkan produk atau jasa perusahaan, kepada masyarakat yang lebih luas. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencantumkan logo dan nama perusahaan atau logo dan nama produk pada setiap merchandise yang dibuat. Jika logo sudah dikenal masyarakat, mereka akan merasa dekat, dan tentu saja akan tertarik untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan.

 

Efektif dan Sesuai Budget

Berpromosi menggunakan merchandise perusahaan, tentu saja harus memikirkan budget. Buatlah merchandise dengan budget yang sesuai kemampuan. Selain budget, merchandise juga harus sesuai dengan misi dan visi perusahaan, agar pelanggan juga tahu dan lebih mengenal perusahaan. Pemberian merchandise ini juga harus dipikirkan secara matang, agar dapat sampai ke masyarakat secara efektif. Jangan sampai pemberian merchandise ini tidak dapat menarik pelanggan baru secara maksimal. Merchandise yang efektif adalah yang bermanfaat dan mengena di hati pelanggan, dan dapat membuat pelanggan merasa senang dan akan menjadikannya pelanggan setia.

 

Pada dasarnya, menarik pelanggan dengan menggunakan merchandise promosi, mudah dilakukan. Setiap perusahaan dapat melakukannya dengan mudah. Yang diperlukan hanyalah menyiapkan logo, memilih merchandise, dan memesannya. Selamat mencoba!