Selama ini, mungkin anda sering mendengar kata “sales” maupun “marketing” dalam dunia pekerjaan. Akan tetapi, tahukah anda pengertian dari ke dua istilah tersebut? Dan perbedaan ke duanya? Maka, membaca artikel ini merupakan hal yang cukup bijak untuk anda lakukan.

Pengertian Sales

Sales berasal dari bahasa Inggris yang artinya penjualan. Sales merupakan kegiatan dari sekelompok orang yang umumnya disebut sebagai salesman dan melakukan pekerjaannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sedangkan sales marketing adalah suatu penjualan maupun pemasaran yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan laba ataupun keuntungan. Ke dua istilah ini memang hampir memiliki definisi yang sama, akan tetapi terdapat perbedaan yang cukup signifikan, meskipun sama sama memiliki tujuan untuk memperoleh omset penjualan.

Seorang sales memiliki tugas atau fungsi untuk dapat menjual sebuah produk dari lembaga atau perusahaan tempat dia bekerja. Penjualan yang dilakukan harus sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Maka, seorang sales wajib mampu untuk memikat hati dan menarik perhatian para calon pembeli. Sales harus bisa meyakinkan para calon pembeli bahwa produk yang ia tawarkan merupakan sebuah produk yang bagus dan berkualitas.

Untuk bisa menarik hati para calon pembeli, seorang sales harus terlebih dahulu membekali diri dengan wawasan dan pengetahuan mengenai ilmu penjualan yang baik dan benar. Hal ini sangat berguna sebagai alternative penjualan agar meningkat.

Seorang sales dapat bekerja secara lebih maksimal jika diberi semangat serta motivasi dari atasannya. Kondisi ini cenderung untuk mengembangkan potensi seorang sales akan agar lebih berdaya guna. Motivasi yang terarah dan bijak sangat membantu sales untuk melakukan penjualan lebih optimal.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan potensi seorang sales, cara beragam yang dilakukan bertujuan untuk memberdayagunakan kemampuan seorang sales. Meskipun demikian, konsistensi dan semangat dari dalam diri seorang sales akan sangat berpengaruh terhadap penjualan yang dilakukan. Untuk itu, sebaiknya seorang sales harus memiliki semangat yang baik setiap kali bekerja.

Pengertian Marketing

Marketing atau pemasaran merupakan salah satu proses dari produsen untuk memberikan informasi kepada para konsumen mengenai produk yang ditawarkan. Dalam hal bisnis, marketing bertujuan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan para pelanggan yang mengharapkan informasi dari pihak produsen. Marketing sendiri tentunya memiliki trik dan tips tersendiri agar lebih berkualitas.

Konsep pemasaran (marketing) pada dasarnya dapat diawali dengan cara memenuhi kebutuhan manusia, yang selanjutnya tumbuh menjadi sebuah hal yang diinginkan oleh manusia itu sendiri. Ruang lingkup marketing bisa meliputi beberapa hal seperti produk, penetapan harga, pengiriman produk, hingga melakukan promosi terhadap produk atau barang. Bagi seorang yang ingin menjadi marketing, sebaiknya membekali diri ilmu pengetahuan tentang konsep hingga prinsip menjalankan marketing dengan baik. Dengan kata lain, menjadi marketing sangat baik untuk bisa meningkatkan potensi dan kemampuan yang anda miliki.