souvenir_pormosi_untuk_bisnis

Bagi perusahaan besar, mengurus barang promosi mungkin bukan sesuatu yang memberatkan. Mereka biasanya sudah menyediakan anggaran khusus untuk menyediakan souvenir dan merchandise. Namun, bagaimana dengan pebisnis yang baru merintis usahanya? Apakah memperkenalkan perusahaan atau brand dengan barang tertentu masih diperlukan?

Pengaruh merchandise terhadap bisnis

Ada banyak cara yang sebenarnya bisa Anda pakai untuk berpromosi. Akan tetapi dengan souvenir promosi, Anda dapat mendapatkan beberapa manfaat seperti:

  • Memancing rasa penasaran konsumen

Tahukah Anda bahwa merchandise atau souvenir adalah salah satu faktor yang menentukan konsumen membeli sebuah produk? Mengemas souvenir semenarik mungkin akan membuat mereka penasaran dan mencari lebih tahu tentang perusahaan maupun brand Anda.

  • Meningkatkan daya saing produk

Untuk memenangi persaingan pasar yang semakin ketat, manfaatkan merchandise promosi sebagai salah satu strateginya. Perusahaan dapat meningkatkan nilai brand atau produk melalui item tersebut. Dengan begitu, konsumen juga akan mempertimbangkan bisnis Anda untuk memenuhi kebutuhannya.

  • Bentuk apresiasi terhadap pelanggan

Ingin berterima kasih kepada pelanggan tanpa mendatangi mereka satu per satu? Berikan saja souvenir atau merchandise saat mereka mendatangi acara yang Anda selenggarakan. Mereka juga akan merasa diapresiasi dan memprioritaskan Anda dari yang lain.

  • Bentuk promosi jangka panjang

Merchandise atau souvenir adalah bentuk promosi jangka panjang. Pasalnya, konsumen akan mengingat brand maupun perusahaan meski Anda tak melakukan pemasaran berkala. Di sisi lain, Anda juga perlu mempertimbangkan strategi selain souvenir perusahaan agar bisnis tetap berjalan.

Bisakah membuat merchandise dengan bujet terbatas?

Dari pemaparan di atas, Anda dapat simpulkan bahwa merchandise atau souvenir memberikan dampak yang tak bisa disepelekan terhadap bisnis. Anda memang punya opsi untuk tak memakainya kalau kurang memungkinkan. Namun, Anda bisa menyiasati bujet yang terbatas buat mendapat merchandise yang berkualitas, antara lain:

  • Mengatur anggaran. Ketahui bujet yang kira-kira bisa digunakan untuk produksi merchandise. Jika tersedia, tentukan jenis item yang memungkinkan bisa dibeli dalam jumlah banyak. Anda bisa memakai stiker, USB promosi, mug, alat tulis, bahkan pin;
  • Susun daftar penerima. Tanpa mengetahui jumlah penerima, akan sulit bagi Anda untuk mengatur bujet merchandise. Dalam jumlah terbatas, Anda mungkin hanya akan memberi souvenir pada karyawan, tetapi tak menutup kemungkinan bisa untuk seminar dan acara lainnya;
  • Pilih produsen terpercaya. Faktanya memang ada banyak produsen souvenir yang menawarkan paket terjangkau. Di sisi lain, Anda pun harus berhati-hati karena kadang kualitasnya tak bagus. Jika sudah begini, konsumen akan meragukan kredibilitas Anda.

Keputusan final kembali jatuh ke tangan Anda. Baik dengan kaos, souvenir USB, pin, atau alat tulis, semoga merchandise yang pada akhirnya dipilih akan mengantarkan konsumen lebih banyak kepada Anda!