Jika kata “souvenir” mengingatkan Anda pada salah satu hadiah kecil baru yang Anda terima ketika seseorang dalam keluarga, atau salah satu teman Anda, kembali dari liburan. Meskipun biasanya dihubungkan dengan merchandise toko suvenir liburan, kata ‘souvenir’ sebenarnya adalah kata dalam bahasa Prancis yang berarti ‘ingatan’. Souvenir juga disebut sebagai kenang-kenangan atau kenang-kenangan dan bisa menjadi barang apa pun yang disimpan seseorang untuk kenangan yang dibawanya kembali.

Mengapa Konsumen Senang Dengan Souvenir?

Banyak orang suka membawa pulang sesuatu sebagai pengingat atau bukti orang telah melakukan perjalanan atau sesuatu yang dapat penggunanya gunakan untuk mengenang pengalaman fantastis yang mereka alami sebelumnya. Belum lagi, memajang kenang-kenangan seperti itu di sekitar rumah bisa menjadi pembuka percakapan yang bagus saat Anda kedatangan tamu. Bagaimanapun, membeli souvenir adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah pengalaman.

Meski begitu, souvenir tidak selalu dikaitkan dengan liburan dan seminar. Ada banyak orang yang menerima souvenir dari berbagai acara, seperti pernikahan, acaranya keluarga, ataupun acara peresmian. Hal ini tentunya tak lepas dari kegiatan promosi dan juga pemasaran.

Strategi Pemasaran Melalui Souvenir Sebagai Hadiah Apresiasi

Souvenir perusahaan adalah jenis hadiah yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan, klien potensial, amal, pelanggan, atau pemasok. Ini membantu mengungkapkan penghargaan atas nama perusahaan. Souvenir perusahaan yang unik juga menandakan bahwa perusahaan menghargai hubungan antara mereka dengan pihak lain.

Alasan pemberian hadiah berkisar dari berterima kasih kepada pelanggan lama karena telah membantu perusahaan dalam meningkatkan aktivitas bisnis. Selain itu, biasanya perusahaan menggunakannya sebagai hadiah yang diberikan kepada karyawan atas kontribusi pekerjaan yang luar biasa. Alasan dasarnya sama: untuk menegaskan hubungan baik dan meningkatkan hubungan pribadi antara pemberi dan penerima.

Menurut beberapa survei perusahaan pemberi dan penerima hadiah, mereka telah menunjukkan bahwa vendor yang memberi dua kali lebih mungkin meningkatkan peluang mereka untuk dihubungi oleh penerima dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki program hadiah.

Produk hadiah perusahaan dapat diproduksi dalam segala bentuk, warna dan ukuran dan sebagian besar ide hadiah perusahaan dibuat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan klien sebanyak mungkin. Jika Anda ingin menghasilkan beberapa hadiah perusahaan yang unik dengan desain tertentu, kemungkinan besar Anda dapat menemukan vendor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bangun Hubungan yang Kuat Dengan Konsumen Melalui Giveaway

Membangun hubungan yang bermakna dan kuat dengan pelanggan Anda adalah kualitas yang memastikan bahwa perusahaan Anda akan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Pelanggan akan menyadari jika perusahaan Anda mencoba dan membangun hubungan yang lebih dalam maka perusahaan Anda akan lebih direkomendasikan kepada teman dan keluarga mereka untuk berbagai produk tertentu. Hal ini bermanfaat bagi kelangsungan bisnis perusahaan Anda di masa depan.

Membangun hubungan yang kuat bisa dilakukan dengan sering mengadakan giveaway di media sosial dengan menghadiahkan mereka souvenir perusahaan. Strategi Ini sangat bagus untuk pelanggan yang memenangkan persaingan tetapi juga mulai membangun relasi dengan pelanggan. Selain itu dengan menghadiahkan souvenir sebagai giveaway di media sosial anda bisa memotong biaya promosi dan meningkatkan brand awareness tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Memberikan Sponsor Dalam Event

Mensponsori acara dan terlibat dengan komunitas lokal Anda adalah cara yang fantastis untuk meningkatkan pengenalan merek Anda. Cara ini terbukti untuk meningkatkan persepsi positif konsumen dan pangsa pasar.

Menyelenggarakan acara amal, atau menyediakan kaos untuk tim sepak bola anak-anak setempat adalah cara yang bagus agar bisnis terlihat benar-benar peduli dan mendukung komunitas mereka. Sikap yang relatif sederhana dalam mensponsori grup lokal, dan menambahkan logo Anda ke papan nama atau menyumbangkan barang bermerek, tidak hanya dapat membantu kesadaran merek Anda, tetapi juga membantu tujuan yang baik saat Anda melakukannya.

Perlu Anda ketahui bahwa konsumen akan sering membeli produk perusahaan Anda saat dibutuhkan. Sedangkan perusahaan menghabiskan lebih banyak sumber daya tambahan untuk membangun basis pelanggan setia. Maka dari itu, souvenir bisa jadi solusi yang tepat untuk untuk mendorong loyalitas pelanggan dalam waktu singkat.

Namun, pastikan barang dagangan promosi Anda memiliki standar kualitas tinggi dan lebih disukai. Orang-orang akan mengasosiasikan kualitas premium barang hadiah dengan kualitas bisnis Anda. Ini akan banyak membantu dalam menjaga pembeli pertama produk Anda selamanya.