6-ring-leather-agenda-174479-600x500

Branding dan Marketing merupakan dua aktivitas yang sama-sama dilakukan perusahaan untuk memperkenalkan brand perusahaan atau produk kepada pelanggan. Walaupun keduanya memiliki tujuan akhir yang sama untuk meningkatkan pendapatan dan mempertahankan bisnis perusahaan, namun ternyata secara filosofis masing-masing memiliki definisi dan aktivitas yang berbeda. Namun demikian, pada dasarnya aktivitas marketing dan branding sama-sama penting dan saling terkait satu sama lain untuk mencapai tujuan perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya.

Marketing merupakan rangkaian kegiatan dalam pengembangan produk serta cara komunikasi terpadu untuk memberikan informasi produk kepada pelanggan dalam rangka memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Mereka yang terlibat dalam aktivitas marketing bertugas melakukan riset dan menganalisa data yang terkait konsumen, untuk digunakan dalam pengembangan produk, penetapan harga, perancangan distribusi produk, serta menetapkan strategi promosi produk kepada pasar. Dalam praktiknya, kegiatan marketing lebih banyak difokuskan pada aktivitas untuk memenangkan hati target pasar dan menciptakan terjadinya penjualan produk secepat-cepatnya dan sebanyak-banyaknya, dengan cara yang efektif dan biaya yang efisien.

Sedangkan branding adalah aktivitas komunikasi yang dilakukan perusahaan untuk membangun dan membesarkan brand (nama, simbol, atau identitas) dari perusahaan atau produk yang dijual, dengan tujuan menciptakan kesan baik tentang produk yang dijual, sehingga konsumen melihat perusahaan atau produk sebagai solusi yang terbaik bagi kebutuhan konsumen.

Jika marketing bertujuan untuk menarik perhatian konsumen dan menciptakan penjualan, maka branding bertujuan untuk memotivasi konsumen dan menciptakan loyalitas konsumen kepada brand perusahaan atau produk, sehingga akan terjadi penjualan secara terus menerus (repeat order). Pengenalan brand melalui aktivitas branding dapat dibagi ke dalam beberapa tahapan pencapaian, dimulai dari awareness (pengenalan), pemahaman konsumen tentang arti brand, konsumen menyukai brand, hingga konsumen loyal terhadap brand yang diperkenalkan.

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa aktivitas marketing dan branding memiliki tujuan yang berbeda. Namun untuk meraih keberhasilan bisnis perusahaan, para pelaku marketing dan branding harus bersatu dan bekerja berdampingan. Para marketer bertugas untuk menarik hati para calon konsumen untuk melakukan pembelian, sedangkan para brander bertugas memikat konsumen yang sudah membeli agar menjadi konsumen yang loyal kepada brand perusahaan dan produk yang ditawarkan.