Sedang memikirkan barang promosi yang sesuai buat perusahaan maupun target konsumen? Untuk membantu Anda menciptakan souvenir atau merchandise yang menarik, Anda perlu memperhatikan desain yang akan diaplikasikan.

Jangan salah, desain berpengaruh besar terhadap kesan yang ditimbulkan pada calon konsumen. Jika penampilannya asal, konsumen pun tak akan menganggap perusahaan Anda profesional. Nah, berikut ini ada tip desain yang akan membantu Anda mempercantik produk promosi.

  • Simpel, tetapi tak membosankan

Konsep minimalis yang masih tren bisa Anda aplikasikan sebagai desain souvenir promosi. Namun, jangan sampai penampilannya membosankan. Selain itu, desain minimalis juga memudahkan konsumen untuk langsung mengenal perusahaan. Anda pun akan lebih cepat menerapkannya pada banyak media apabila jenis merchandise yang dipilih lebih dari satu.

  • Memakai warna sesuai logo perusahaan

Menentukan warna untuk merchandise promosi sebenarnya sangat mudah. Anda tinggal memakai warna-warna yang terdapat pada logo perusahaan. Namun, cara tersebut cukup tricky karena berpotensi menenggelamkan logo. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan warna yang kontras dengan logo dan masih selaras dengan paletnya.

  • Manfaatkan gambar yang menarik

Apakah logo perusahaan Anda jadi terlalu simpel saat diaplikasikan pada merchandise atau souvenir? Tambahkan dengan gambar yang menarik atau karikatur selama sesuai dengan konsepnya. Teknik ini cukup ampuh buat diterapkan karena konsumen, terutama di Indonesia, sangat mudah dipancing dengan konten-konten visual.

  • Gunakan file dengan resolusi besar

Baik untuk logo maupun gambar/foto, pastikan resolusinya besar agar tak pecah saat dicetak pada souvenir perusahaan. Dalam hal ini, penting bagi perusahaan untuk menyiapkan file-file tersebut dalam satu folder, sehingga bisa langsung diserahkan saat diperlukan buat kebutuhan cetak. Akan lebih baik kalau file dirancang dalam format PNG.

  • Jenis dan ukuran huruf terbaca

Penggunaan jenis dan ukuran huruf yang digunakan harus tepat serta terbaca oleh konsumen. Anda dapat menggunakan Helvetica, Garamond, dan Futura adalah beberapa jenis huruf yang bisa dipakai. Sementara ukurannya bisa disesuaikan dengan media yang dipilih sebagai merchandise. Jangan sampai terlalu besar untuk produk seperti USB promosi atau kekecilan untuk tote bag.

  • Pakai kemasan dengan bahan terjangkau

Kalau Anda menyediakan merchandise atau souvenir yang cukup banyak (misalnya seperangkat alat tulis), sediakan dalam kemasan atau wadah sebagai goodie bag. Desainnya pun tak perlu ramai. Anda bisa pasangkan logo perusahaan di bagian tengah tas tersebut. Sementara untuk bahannya, manfaatkan saja material daur ulang yang harganya terjangkau untuk kuantitas besar.

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk merancang merchandise atau souvenir sebagai media promosi. Jika desainnya sudah sesuai, akan lebih mudah bagi Anda untuk memasangkannya di souvenir USB, kaos perusahaan, buku, maupun botol minuman.