pulpen_promosiTGI

Menjaga komunikasi dengan pelanggan adalah salah satu faktor yang akan menjaga stabilitas bisnis Anda. Oleh karena itu, selalu manfaatkan momen-momen potensial untuk membina hubungan supaya mereka tidak ‘kabur’ ke tempat lain.

Tahun Baru adalah satu dari sekian momen menjanjikan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan engagement Anda dengan konsumen dengan sejumlah tip di bawah ini!

  • Buatlah video berhadiah

Selama beberapa tahun terakhir video menjadi media yang kerap digunakan pebisnis untuk promosi. Perpaduan audio dan visualnya dianggap dapat menjangkau target lebih cepat. Gunakan kelebihan itu dengan membuat giveaway atau kuis berhadiah. Ajak pelanggan untuk mengungkapkan resolusi tahun baru mereka dan yang paling menarik akan mendapatkan reward terbaik.

  • Unggah resolusi lewat utas Twitter

Utas atau thread yang tersedia di Twitter menjadi fitur favorit baru para pengguna yang ingin berbagi kisah hingga memasarkan produk. Anda juga dapat memakainya untuk meningkatkan engagement target di media sosial tersebut. Caranya hampir sama dengan poin sebelumnya, yakni minta mereka untuk menjabarkan resolusi atau goals yang ingin dicapai pada tahun baru melalui utas.

  • Rancang konten edukatif terkait bisnis

Engagement tak selamanya berhubungan dengan penjualan atau promosi. Konten-konten edukatif pun berpotensi mengeratkan hubungan Anda dengan pelanggan. Dalam hal ini, Anda bisa merancang konten seputar tren bisnis yang bakal booming tahun depan, tip mengembangkan usaha, dan video tutorial. Gunakan bahasa penyampaian yang bersahabat dan tak terlalu menggurui.

  • Adakan flash sale akhir tahun

Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas yang berlangsung di penghujung tahun merupakan momen yang harus Anda gunakan sebaik mungkin buat menaikkan engagement. Jika Anda kebetulan berbisnis di bidang e-commerce, adakan flash sale menjelang akhir atau tahun baru. Tak hanya mendapat untung besar, Anda juga bakal memuaskan konsumen. Dengan catatan pelayanan yang diberikan maksimal.

  • Menyebarkan survei berhadiah

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus melakukan evaluasi berkala untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dari berbagai aspek. Agar tak terkesan memaksa atau tiba-tiba, lakukan survei berhadiah mendekati tahun baru. Kemungkinan Anda mendapatkan feedback akan lebih tinggi karena konsumen mengincar hadiah menarik yang Anda tawarkan.

  • Berikan free trial atau free sample

Berkesempatan untuk mengisi pameran atau big sale akhir tahun? Salah satu trik lama tapi ampuh yang bakal memikat pelanggan dalam hal ini adalah menawarkan free trial atau free sample kepada mereka. Jangan memaksa kalau seandainya mereka belum tertarik. Namun, kalau ada yang menurut Anda cukup potensial, terus bujuk secara persuasif agar mereka merasa membutuhkan produk tersebut.

Demikian serangkaian tip yang dapat Anda praktikan untuk meningkatkan engagement di tahun baru. Semoga bisnis Anda berjalan lancar!