Meningkatkan brand awareness bisa dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya memanfaatkan barang promosi. Sesuai namanya, produk yang dipilih akan membantu Anda menyebarkan informasi seputar brand yang dikelola maupun perusahaan yang mengelolanya.

Strategi ini sejalan dengan tujuan brand awareness yang ingin menjangkau target tepat dan luas. Supaya metode tersebut membuahkan hasil manis, mari simak rangkaian trik berikut ini!

  • Gunakan item yang fungsional

Salah satu tujuan brand awareness adalah menarik konsumen untuk membeli produk Anda sekaligus membuat mereka mengingatnya. Dalam hal ini, souvenir promosi akan menjalankan tugas dengan baik, sebab Anda bisa menempelkan nama perusahaan di sana. Kendati begitu, Anda juga harus pastikan souvenir atau merchandise yang di bagikan nantinya fungsional alias bisa dipakai konsumen. Contohnya botol air minum, tote bag, atau pena.

  • Sesuaikan dengan audiensi

Trik kedua yang akan membantu Anda meningkatkan brand awareness memakai merchandise adalah menyesuaikannya dengan audiensi atau target pasar. Sebagai contoh, kalau perusahaan memproduksi sabun cuci, maka merchandise promosi yang sebaiknya digunakan adalah piring dan gelas. Asal beli produk promosi tanpa memperhatikan target Anda justru akan menurunkan brand awareness meskipun barangnya terbilang fungsional.

  • Memesan dari produsen terpercaya

Sebagian besar merchandise atau produk buat promosi perusahaan dipesan dengan opsi kustomisasi. Sekarang menemukan produsen souvenir memang sangat mudah, tetapi Anda harus pastikan hasil akhir yang mereka tawarkan berkualitas. Pasalnya memberikan produk promosi murahan dan mudah rusak secara tak langsung memberi kesan bahwa perusahaan Anda kurang profesional. Brand awareness yang Anda canangkan pun bakal gagal total.

  • Bisa dibawa ke mana-mana

Bukan souvenir perusahaan namanya kalau ukuran barang tak bisa masuk ke dalam tas. Kepraktisan yang ditawarkan produk promosi dapat Anda manfaatkan sebagai ‘iklan berjalan’, terutama kalau konsumen yang Anda tuju membawanya ke mana-mana. Jika ada orang lain yang melihat dan tertarik, ada kemungkinan mereka bakal mencari tahu. Apalagi kalau produk yang bersangkutan bisa dipakai berulang kali untuk kegiatan sehari-hari.

  • Jadikan media untuk call to action

Satu hal lagi yang tak boleh Anda lewatkan saat memakai souvenir sebagai media brand awareness: cantumkan kontak dan alamat perusahaan untuk memudahkan konsumen melakukan call to action. Anda bisa mencantumkannya pada halaman awal notebook, badan mug, bagian belakang kaos, hingga file digital pada USB promosi. Jadi, saat konsumen berminat dengan produk Anda dan ingin membelinya, mereka bisa langsung menghubungi Anda lewat kontak yang tertera atau malah berkunjung ke kantor.

Demikian berbagai langkah yang dapat Anda jadikan untuk meningkatkan brand awareness. Teknik-teknik di atas bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, baik menggunakan kaos, souvenir USB, sampai kaos kantor.