Salah satu tantangan terbesar saat mengadakan seminar online adalah kurangnya keterlibatan antara Anda dengan para peserta acara. Ini dikarenakan seminar online harus dilakukan virtual, sehingga Anda tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan para audiens. Nah, keterbatasan ini dikhawatirkan dapat memberikan dampak yang negatif bagi bisnis dan citra merek Anda. Karena itulah, demi membangun koneksi yang lebih bermakna antara Anda dan audiens, salah satu solusi yang bisa Anda lakukan agar acara seminar dapat meninggalkan kesan positif dan selalu diingat oleh para pesertanya adalah dengan mengirimkan mereka hadiah souvenir.

Selain membuat mereka merasa lebih dihargai, memberikan hadiah souvenir kepada peserta acara juga merupakan upaya bagi bisnis Anda untuk meningkatkan pengalaman audiens guna menjembatani kesenjangan antara Anda dan mereka karena tidak bisa saling bertatap muka secara langsung. Nah, jika Anda sedang mencari rekomendasi hadiah yang cocok untuk acara seminar online, berikut ini merupakan beberapa pilihan souvenir populer yang mungkin akan disukai oleh peserta Anda.

1. Botol Minum Reusable

Botol minum reusable bisa menjadi pilihan souvenir yang sempurna untuk menemani para peserta selama acara seminar berlangsung. Dengan memberikan hadiah ini, mereka tidak harus bolak-balik ke dapur setiap kali membutuhkan minum. Cukup menaruh botol minum yang sudah terisi penuh di dekat jangkauan, audiens Anda dapat mengisi kebutuhan asupan cairan mereka selagi tetap fokus pada seminar Anda.

2. Tumbler

Ingin rekomendasi hadiah berupa tempat minum yang ideal untuk menjaga suhu minuman agar tetap dingin atau panas? Tidak masalah, Anda bisa memberikan tumbler kepada audiens Anda. Botol minum reusable mungkin cocok untuk menaruh minuman biasa seperti air putih, tapi tumbler memungkinkan peserta acara untuk mengikuti seminar sambil tetap menikmati minuman favorit mereka, baik itu teh hangat atau es kopi yang menyegarkan.

3. Buku Jurnal

Bisa jadi seminar yang Anda selenggarakan bukanlah satu-satunya acar virtual yang diikuti oleh audiens Anda sepanjang tahun ini. Karena new normal mengharuskan mereka untuk mengalihkan banyak kegiatan dan pertemuan menjadi digital, Anda bisa memberikan para peserta hadiah souvenir berupa buku jurnal. Ini membantu mereka untuk lebih mudah mencatat informasi penting dalam seluruh pertemuan virtual yang mereka ikuti, sekaligus menjadi cara Anda agar dapat menemani setiap kegiatan dan perjalanan mereka sepanjang tahun.

4. Power Bank

Salah satu kelebihan mengadakan seminar online adalah Anda tidak perlu terikat ruang dengan para peserta acara. Cukup dengan koneksi internet, mereka dapat terhubung dengan Anda dari mana saja dan menggunakan perangkat apa saja. Itu sebabnya, memberikan hadiah souvenir berupa power bank kepada audiens bisa menjadi pilihan yang bijak untuk mendukung fleksibilitas ini, agar mereka tetap bisa mengikuti acara Anda tanpa perlu takut kehabisan baterai.

5. Headset

Salah satu kekhawatiran terbesar saat mengadakan seminar online adalah distraksi yang mungkin mengalihkan para peserta ketika mereka sedang mengikuti acara Anda, seperti halnya suara berisik. Nah, dengan memberikan headset sebagai hadiah souvenir untuk audiens Anda, ini memastikan mereka tetap dapat berpartisipasi sepanjang acara dengan lebih fokus dan nyaman, tanpa perlu khawatir terganggu oleh suara berisik yang mungkin ada di sekitarnya.

Jangan biarkan interaksi melalui layar perangkat membatasi jarak antara Anda dengan para peserta seminar. Dengan memberikan hadiah souvenir yang dipilih dan disesuaikan secara khusus dengan kebutuhan mereka, ini dapat membangun koneksi yang lebih dalam antara Anda dan audiens serta meningkatkan citra dan pengalaman positif yang mereka rasakan terhadap brand Anda.